Mengapa Manusia Menangis ? Ada Apa di Balik Air Matanya

Posted on 15. Oct, 2011 by in Rohani

Mengapa Manusia Menangis ? Ada Apa di Balik Air Matanya

Mengapa manusia menangis?

mengapa manusia mengangis

mengapa manusia mengangis

Ada sebab-sebab menangis yang umum, yang secara tabiat mayoritas manusia akan menangis jika menemui sebab tersebut.

Karena masakpun kita bisa menangis, jika kita memasak pakai bawang merah atau putih karena getahnya.

Menangis secara tabiat adalah sebagai respon rasa sakit. Ketika tubuh seseorang sakit atau terluka dan ia tak mampu untuk menahan rasa sakit itu, maka tangisan tak dapat dibendung.

Kesedihan juga merupakan pemicu tangisan secara umum. Ini terjadi juga ketika kehilangan seseorang yang sangat berarti atau sesuatu yang berharga. Kehilangan orang tua, kehilangan saudara, kehilangan anak, kehilangan kekasih dan lain-lainnya serta apapun sebabnya…….

Menangis sebagai alat komunikasi serta ekspresi emosi. Ketika seorang manusia lahir, hingga beberapa masa tertentu, air mata yang mengiringi tangisan menjadi alat komunikasi utama

Mengapa Manusia Menangis ? Ada Apa di Balik Air Matanya

Mengapa manusia menangis. Air mata sangat ampuh untuk menarik perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya. Sebagai sarana mengekspresikan emosi, tetesan air mata mengkomunikasikan sejumput pesan dengan makna-makna tertentu. Ia mengekspresikan suasana hati yang terdalam, entah sedih, gembira, takut, atau sakit. Sehingga nilai air mata begitu istimewa, khusus, serta berkesan. Bukankah hati hanya bisa disentuh oleh hati lagi? Maka jangan heran, jika air mata bisa meluluhkan hati yang keras, serta menaklukkan sesuatu yang tidak bisa ditaklukkan dengan pedang.

Selain sebab-sebab yang umum diatas, ada juga sebab-sebab yang khusus yang tidak semua orang akan terpicu untuk menangisinya. Sebab-sebab ini adalah menangis karena Allah SWT. Termasuk didalamnya adalah menangisi dosa-dosa, atau menangis karena takut siksaan Allah SWT, atau menangis karena keAgungan Allah SWT . Tak semua orang mampu menangis dengan sebab-sebab ini walaupun semua orang mendapati dirinya mempunyai dosa.

Mengapa Manusia Menangis ? Ada Apa di Balik Air Matanya

Lantas Ada Apa di Balik Air Mata ?

Mengapa manusia menangis. Pertama, air mata untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata. Apa jadinya kalau mata kita tidak mengeluarkan air? Pasti tersiksa. Kita tidak akan bisa mengedip. Akibatnya, benda-benda dari luar akan berlomba memasuki mata, mulai dari udara, radiasi cahaya, debu, bakteri, virus, dsb. Mata pun akan terasa perih, panas dan sakit. Jika dibiarkan, kerusakan mata tinggal menunggu waktu saja. Dengan air mata pula mata kita terjaga kelembabannya serta terpenuhinya kebutuhan mata akan zat-zat yang diperlukan. Sebab air mata mengangkut unsur asam dan zat gizi ke mata. Air mata pun menjadi sarana untuk mengeluarkan unsur-unsur garam dalam tubuh.

Anda mungkin telah menangis karena seseorang yang Anda cintai……… namun sudahkah Anda menangis karena Allah SWT ?

Sesungguhnya, air mata pun bisa menjadi alat komunikasi yang sangat canggih antara seorang hamba dengan Tuhannya. Betapa tidak, tetesan air mata di jalan Allah bisa memadamkan kobaran api neraka. Rasulullah SAW bersabda, Tidak akan masuk neraka, seseorang yang menangis karena takut kepada Allah SWT.

Semoga kita semua tergolong hamba Allah SWT yang bertaqwa. Amiin.

Dari berbagai sumber
Internet Marketing Indonesia

Mengapa Manusia Menangis ? Ada Apa di Balik Air Matanya

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ayat Kursi - Bacaan, Arti dan Manfaatnya - 06. Nov, 2011

    [...] Ayat Kursi. Bacaan sesuai terjemahan biasa dari huruf arab ke huruf latin : [...]

Leave a Reply

*