Ketupat – Makna dan Cara Buat Ketupat

Posted on 02. Sep, 2011 by in Masakan Indonesia

Ketupat – Difinisi Ketupat

ketupatKetupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan selongsong terbuat dari anyaman daun kelapa (janur). Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Ketupat – Makna dari Ketupat

Ketupat sebagai karya budaya dikaitkan dengan suatu hasil dengan beraneka macam bentuk. Sedang ketupat sebagai ungkapan budaya adalah merupakan simbol yang di dalamnya terkandung makna dan pesan tentang kebaikan. Sebagai ungkapan budaya, ketupat antara lain memberikan makna dan pesan:

1. Ketupat terdiri dari beras/nasi yang dibungkus daun kelapa muda dan janur (bahasa Jawa). Beras/nasi adalah simbol nafsu dunia. Sedangkan Janur yang dalam budaya Jawa Jarwa dhosok adalah “Jatining nur” (sejatinya nur), yaitu hati nurani. Jadi ketupat dimaksudkan sebagai lambang nafsu dan hati nurani, yang artinya agar nafsu dunia dapat ditutupi oleh hati nurani.

2.Ketupat yang dalam bahasa Sunda juga disebut kupat, dimaksudkan agar seseorang jangan suka ngupat, yaitu membicarakan hal-hal buruk pada orang lain karena akan membangkitkan amarah.

3.Ketupat, kupat dalam budaya Jawa sebagai “Jarwa dhosok” juga berarti “ngaku lepat”. Dalam hal ini terkandung pesan agar seseorang segera mengakui kesalahannya apabila berbuat salah. Tindakan “ngaku lepat” ini telah menjadi kebiasaan atau tradisi pada tanggal satu Syawal, yaitu setelah melaksanakan ibadah puasa dengan menyediakan hidangan ketupat berikut lauk pauknya di rumah-rumah, sehingga disebut dengan ketupat lebaran. Semua ini sebagai simbol pengakuan dosa baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa maupun terhadap sesama manusia.

Ketupat – Cara Membuat Ketupat

Ketupat Lebaran gampang-gampang susah cara membuatnya. Makanya, simak tip berikut agar Anda mendapatkan Ketupat Lebaran yang tidak mengecewakan:
1. Untuk janur, pilih yang lebar dan panjangnya seragam. Keadaan fisik janur masih segar, tidak layu kecokelatan.
2. Pilih beras yang pulen atau pera. Takaran pengisian untuk beras pulen: 1/2 selongsong ketupat. Untuk beras pera cukup 1/3.
3. Jumlah air harus cukup saat merebus ketupat. Atur ketupat dalam panci atau dandang. Usahakan jumlah ketupat dan perebus sesuai. Tidak terlalu longgar sehingga ketupat mengapung atau terlalu sempit sehingga ketupat berhimpitan.
4. Gunakan dandang atau panci yang terbuat dari aluminium atau stainless steel. Dandang tembaga kurang sesuai untuk membuat ketupat karena bakal meninggalkan bekas kehijauan lengket pada ketupat.
5. Untuk proses memasak, pada saat air perebus mendidih untuk pertama kalinya, beberapa ketupat akan mengapung. Jika dibiarkan, ketupat akan matang setengah bagian saja. Maka perlu diberi pemberat untuk menahan ketupat tetap terendam seluruhnya.
6. Dibutuhkan waktu sekira 4 jam untuk perebusan sampai benar-benar matang. Selama itu selalu cek ketinggian air perebus.
7. Untuk melihat apakah ketupat sudah matang, cukup diambil salah satu lalu toreh salah satu sisinya. Jika tidak ada lagi nasi berbutir, berarti ketupat sudah matang.
8. Celup sebentar ketupat yang sudah matang dalam air mendidih, agar Ketupat Lebaran tahan lama untuk disimpan.
Ketupat siap di hidangkan dengan sayur ketupat dan opor ayam
(Dari berbagai sumber makna dan cara buat ketupat)
Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

definisi ketupat,gambar ketupat,definisi ketupat sayur,image ketupat,ketupat,kupat,Maksud 1/3 dari selongsongan ketupat,pengertian ketupat

Tags: , , , , , , , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. opor ayam - resep dan cara membuatnya - 02. Sep, 2011

    [...] 1. Bersihkan ayam lalu potong-potong. 2. Parut kelapa, peras hingga menghasilkan santan kental dan santan cair, sisihkan. 3. Masukkan santan cair dalam panci, tambahkan bumbu halus, aduk rata hingga mendidih. 4. Masukkan daging ayam, tuangi dengan santan kental. 5. Masak hingga daging ayam matang.     Sajikan dengan ketupat [...]

Leave a Reply

*