Penyakit Maag – Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

Posted on 08. Aug, 2011 by in Kesehatan

Penyakit Maag

Penyakit maag bisa menyerang siapa saja. Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung bisa karena si penderita makannya tidak teratur atau yang lainnya. Penyakit magg dibedakan menjadi 4, yaitu Maag ringan, maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini. Maag sedang, pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan. Maag kronis, maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa. Sampai kanker lambung, merupakan akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Sakit Maag adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan sehat.

Penyakit Maag – Gejala

Penyakit maag memiliki gejala-gejala sebagai berikut :penyakit maag

- Sakit saat buang air besar,
- Mual dan muntah,
- Sering merasa lapar,
- Perut kembung dan
- Nyeri yang luar biasa.

Penyakit Maag – Penyebab

Penyakit maag ini timbul karena dari lambung maka penyebab yang sering terjadi dikarenakan penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag dapat terjadi apabila penderita telat makan, lalu pada saat makan si penderita makan dengan porsi yang berlebihan/terlalu banyak. Pada penderita maag yang sudah parah, yaitu kanker lambung dapat menyebabkan penyakit maag tersebut berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian pada si penderita.

Sebetulnya banyak orang yang sudah terkena penyakit ini akan tetapi mereka tidak menyadarinya. Walaupun penyakit tersebut masih dalam tahap ringan. Namun dapat juga menyebabkan sampai ke tahap berikutnya. Untuk menghindari penyakit tersebut menyerang kita, kita harus mengubah pola hidup kita ke pola hidup yang sehat. Selain itu untuk menghindari penyakit ini ada beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi, yaitu tidak boleh minum kopi (karena dapat meningkatkan asam lambung), makan makanan yang sangat asam atau pedas (makanan yang merangsang perut)

Penyakit Maag – Cara Mengatasi

Penyakit maag cara-cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

1.  Hindari makan dan minum pedas, masam, panas, kopi,mie instan, teh, alkohol, makanan yang bersifat keras, makanan berkolesterol tinggi.
2.  Makan nasi hangat 4-5 x sehari semalam  dengan porsi yang lebih kecil ( tiap kali makan nasi cukup setengah piring saja)
3.  Sehabis makan nasi jangan lupa minum air putih 1,5 – 2 gelas, ini akan bermanfaat untuk menetralkan dan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan pada saat buang air kecil.
4. Minum susu  pada saat siang hari  terutama yang berkadar lemak rendah misalnya ANLENE.
5. Jangan banyak pikiran yang berakibat Stress.
SEMOGA SAKIT MAAG ANDA SEGERA SEMBUH, AMIIN

(Dari berbagai sumber tentang penyakit maag)

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

maag,penyakit lambung,apakah susu anlene aman buat asam lambung

Tags: , , , , , , , ,

No comments.

Leave a Reply

*