Buah Kurma Muda Cegah Gangguan Jantung

Posted on 12. Sep, 2011 by in Herbal

Buah Kurma Muda Cegah Gangguan Jantung

buah kurma

buah kurma

Sebagai buah primadona, buah kurma tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi ternyata juga memiliki khasiat alami yang baik bagi tubuh. Kurma mengandung zat-zat gizi yang bisa mencegah gangguan pada jantung dan penyakit lainya. Bahkan , konon buah kurma yang masih muda disebut-sebut memiliki khasiat untuk menyuburkan kandungan.

Rasa Kurma Muda memang berbeda dengan kurma yang sudah masak. Kurma muda memiliki rasa manis bercampur rasa sedikit getir. Buahnya memiliki tekstur seperti daging buah kelapa di bagian dalamnya. Warna kurma muda yang biasa dikonsumsi bagi perempuan adalah kurma muda yang memiliki warna kuning, sedangkan kurma yang berkhasiat bagi keperkasaan pria berwarna merah.

Di dalam kurma juga diketahui adanya unsur/zat tertentu yang dikandung isi kurma yang dapat menimbulkan kontraksi otot dan juga bisa menurunkan tekanan darah. Nah, mengingat besarnya gizi kurma, ada baiknya buah kurma dikonsumsi setiap saat sepanjang tahun.

Buah Kurma Muda Cegah Gangguan Jantung

Nasa`i dan Ibnu Majah meriwayatkan dalam sunan mereka dari hadits Hisyam bin `Urwah, dari ayahnya bahwa `Aisyah berkata bahwa Rasulullah bersabda :
“Makanlah kurna muda dengan kurma masak. Karena jika setan melihat keturunan Adam sedang makan kurma muda dan kurma masak, ia berkata,”Keturunan Adam ini akan bertahan dalam kebaikan sehingga dapat memakan barang yang baru dengan yang lama secara bersama-sama”. Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda,”Makanlah kurma muda dan kurma masak, karena sesungguhnya jika setan meelihat keturunan Adam memakannya, ia akan sedih dan berkata, “Keturunan Adam ini tetap hidup sampai saat ini sehingga mereka memakan yang baru dan yang lama secara bersama-sama”.

Sebagian ahli medis Muslim berkata,”Rasulullah memerintahkan kaum muslimin untuk memakan kurma muda dan kering bersama-sama daripada kurma hijau dengan kurma masak. Kurma muda dingin dan kering, sedangkan kurma masak panas dan lembab. Dengan demikian saling menetralkan efek satu dengan yang lain. Buah Kurma hijau dan kurma masak kedua-duanya panas, meskipun kurma masak lebih panas. “Secara medis, lebih baik tidak memakan dua jenis makanan yang sama-sama berunsur panas atau sama-sama berunsur dingin.

Hadits tersebut menunjukkan bahwa secara medis umumnya dapat dibenarkan untuk menetralisir efek obat-obatan dan makanan dengan obat atau makanan lainnya.

Buah Kurma Muda Cegah Gangguan Jantung

Buah Kurma muda dingin dan kering serta sangat baik bagi mulut, gusi dan perut. Namun, kurma kurang baik untuk dada dan paru-paru karena teksturnya yang kasar. Kurma sulit dicerna dan tidak terlalu bergizi. Contoh lainnya adalah buah anggur muda. Keduanya, kurma dan anggur muda mudah menyebabkan masuk angin dan perut kembung, terutama jika setelah mengkonsumsi kurma muda langsung minum air. Untuk menetralkan efek samping ini, orang harus mengkonsumsinya dengan kurma masak atau madu dan keju.

Sumber :
- balipost.co.id
- zona-prasko.blogspot.com
- Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, 2008, Praktek Kedokteran Nabi, Hikam Pustaka, Yogyakarta.

Buah Kurma Muda Cegah Gangguan Jantung

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

cara makan kurma muda,kurma hijau,kurma muda,buah kurma muda,cara mengolah kurma muda

Tags: , , , , , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Gejala Menopause - Perawatan Sebelum Menopouse, Pengobatan - 06. Oct, 2011

    [...] 1. Gejala Menopause. Gejala Ketidakseimbangan Hormonal [...]

Leave a Reply

*